RPP Mikroskop beserta Rubrik Penilaian

Posted On Mei 26, 2012

Filed under Uncategorized

Comments Dropped 2 responses

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                      : SMPN 87 Jakarta
Kelas / Semester    : VII (Tujuh) / Semester II
Mata Pelajaran       : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu         :  6 X 40’ ( 3x pertemuan )

Standar Kompetensi   : 5.   Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar      : 5.3  Mendeskripsikan keanekaragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai  dari tingkat sel sampai organisme

Tujuan Pembelajaran    :  Peserta didik dapat :
1. Menunjukkan bagian-bagian mikroskop
2. Menjelaskan fungsi bagian-bagian mikroskop
3. Menunjukkan peralatan lain yang mendukung
4. Menjelaskan fungsi peralatan lain yang mendukung
5. Menggunakan mikroskop dengan baik dan benar dengan membuat preparat baik membujur maupun melintang dan dengan memperhatikan kebersihan
6. Menggambar hasil pengamatan

Karakter siswa yang diharapkan :
Bersih (Clean)

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Model :
Diskusi Kelompok
Demonstrasi
Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama

a. Kegiatan Pendahuluan
→ Motivasi dan Apersepsi
–    Coba perhatikan kuku kalian, apakah kalian yakin kuku kalian bersih?
→ Prasyarat Pengetahuan
– Siswa mengetahui fungsi mikroskop
→ Mengkomunikasikan Tujuan
→ Persepakatan Kegiatan
b. Kegiatan Inti
–    Guru membimbing siswa dalam pembuatan kelompok
–    Guru memberikan lembar kerja siswa (LKS) kepada siswa (eksplorasi)
–    Tiap kelompok diminta untuk mengamati mikroskop (eksplorasi)
–    Siswa secara berkelompok mendiskusikan bagian-bagian mikroskop berserta fungsinya (eksplorasi)
–    Siswa  menjawab LKS secara berkelompok (elaborasi)
–    Siswa mempresentasikan hasil Lembar Kerja Siswa (elaborasi)
–    Guru menunjukkan bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya (elaborasi dan konfirmasi)
–    Guru menunjukkan peralatan lain yang mendukung beserta fungsinya (elaborasi dan konfirmasi)
–    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (konfirmasi)
–      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan  (konfirmasi)
–     Guru dan siswa bersama membuat kesimpulan

c. Penutup
–   Guru mengajak siswa untuk merefleksikan pelajaran hari ini
–   Guru mengingatkan siswa untuk

Pertemuan Kedua

a. Kegiatan Pendahuluan
→ Motivasi dan Apersepsi
Mikroskop merupakan alat labolatorium yang penting dan mahal harganya. Oleh karena itu, kita harus menggunakannya dengan hati-hati!
→ Prasyarat Pengetahuan
Siswa mengetahui bagaimana menggunakan mikroskop dengan baik dan benar
→ Mengkomunikasikan Tujuan
→ Persepakatan Kegiatan

b. Kegiatan Inti
–    Siswa duduk perkelompok
–    Guru menjelaskan bagaimana menggunakan mikroskop dengan baik dan benar (elaborasi)
–    Siswa  (dibimbing guru) secara berkelompok melakukan kegiatan praktikum cara menggunakan mikroskop dengan menggunakan LKS yang ada (eksplorasi)
–     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (konfirmasi)
–     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan  (konfirmasi)
–     Guru dan siswa bersama membuat kesimpulan

c. Penutup
–   Guru mengajak siswa untuk merefleksikan pelajaran hari ini
–   Guru memberi tugas untuk membawa peralatan praktikum pada pertemuan selanjutnya

Pertemuan Ketiga

a. Kegiatan Pendahuluan
→ Motivasi dan Apersepsi
Benda atau obyek yang akan diamati dengan mikroskop ini, harus memiliki ukuran yang kecil, tipis, mengapa?
→ Prasyarat Pengetahuan
Siswa mengetahui apa itu prepatat atau awetan
→ Pra eksperimen
Berhati-hatilah dalam menggunakan mikroskop
→ Mengkomunikasikan Tujuan
→ Persepakatan Kegiatan
–    Siswa melakukan pengamatan preparat dengan memperhatikan kebersihan
–    Selama siswa bekerja, guru akan melakukan penilaian meliputi cara meemengang mikroskop, Meletakkan mikroskop di tempat yang rata dan ada sumber cahaya ke arah cermin, cara memegang silet, cara menyayat serta menjaga kebersihan alat dan lingkungan
–    guru memberikan tugas membuat laporan meliputi, tujuan, alat dan bahan, cara kerja dan hasil pengamatan

b. Kegiatan Inti
–    Siswa duduk perkelompok
–    Guru menyebutkan macam bentuk sayatan (elaborasi)
–    Guru menjelaskan sayatan melintang  (elaborasi)
–    Guru menjelaskan sayatan membujur  (elaborasi)
–    Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuat sayatan dan preparat basah (elaborasi)
–    Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alat-alat yang akan diperlukan (eksplorasi)
–    Siswa dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru (eksplorasi)
–    Guru memeriksa eksperimen yang telah dilakukan siswa. Jika masih ada kelompok yang belum dapat melakukan dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan (konfirmasi)
–    Siswa menggambar hasil dari pengamatan
–    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan   (konfirmasi)
–     Guru dan siswa bersama membuat kesimpulan dari yang telah dipelajari
c. Penutup
–    Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

Sumber Belajar
1.    Buku Inspirasi Sains SMP Kelas VII Ganeca Exact hal…
2.    Buku IPA SMP Kelas VII BSE hal…
3.    Lembar kerja siswa (LKS)

PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi                        Teknik                     Bentuk

1. Menunjukkan bagian-bagian Mikroskop                 Essay Test            Tes Identifikasi          Instrumen

Perhatikan gambar berikut dan isilah titik-titik dengan nama bagian mikroskop yang tepat!

2. Menjelaskan fungsi bagian-bagian mikroskop       Essay Test           Tes Identifikasi       Instrumen

Jelaskan fungsi dari masing-masing bagian pada mikroskop?

3. Menunjukkan peralatan lain yang mendukung       Essay Test          Tes Identifikasi

Instrumen

Isilah titik-titik di bawah ini dengan nama alat yang tepat sesuai dengan gambar!

4. Menjelaskan fungsi peralatan lain yg mendukung           Essay Test         Tes Identifikasi       Instrumen

Jelaskan fungsi dari masing” alat yang digunakan untuk  mendukung praktikum biologi?

5. Menggunakan mikroskop dengan baik dan benar        Unjuk kerja & laporan    Rubrik

Instrumen

  Silakan praktikum sesuai dengan yang telah dijelaskan baik membujur maupun melintang dengan memperhatikan kebersihan

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja Menggunakan mikroskop

Kriteria/komponen yang dinilai                                                                                 Benar    Salah

Memegang dan membawa mikroskop pada lengannya                                          20          0

Meletakkan mikroskop di tempat yang rata,                                                              20          0

   ada sumber cahaya ke arah cermin

Memegang pisau silet dengan ibu jari dan telunjuk,                                               20          0

    arah silet ke arah dalam

Mengiris preparat dengan arah dari luar ke dalam                                                 20           0

Menjaga kebersihan alat dan lingkungan                                                                    20           0

Rubrik Penilaian Laporan

Kriteria yang dinilai           Tingkatan/Rating                                                Skor maks

Adanya tujuan                        Lengakap 2      Hanya 1     Tidak ada
1. Membuat preparat

                                                            2. mengamati preparat dengan

                                                                 menggunakan mikroskop

                                                              15                             10                         5                                                      15  

Adanya alat dan bahan       Lengkap 11     < 11 dan > 6     kurang dari 6
1.    Mikroskop
2.    Kaca objek
3.    Kaca penutup
4.    Silet
5.    Tusuk gigi
6.    Jagung muda
7.    Tisu
8.    Bawang
9.    Tanaman Rhoeo discolor
10.    Daun beringin karet
11.    Lap Meja

                                                               20                                 15                                   5                                    20

Cara kerja (terlampir)        Lengkap 12       < 12 dan > 6               kurang dari 6

                                                              20                                        15                                     5                            20

Hasil pengamatan         Benar (sesuai),                      Benar (sesuai),            Kurang benar,

                                                    rapih dan melampirkan     rapih dan tidak            kurang rapih

                                                    gambar dari internet           melampirkan             dan tidak melam-

                                                                                                         gambar                          pirkan gambar

                                                                                                         dari internet               dari internet

                                                                25                                            20                               10                         25

Ketepatan waktu mengumpulkan       tepat waktu    >>1 minggu    >> 2 minggu

                                                                                                 20                    15                         10                      20

                                                                                                                         Jumlah total                           100

Presentase Penilaian

•    Identifikasi        25 %
•    Unjuk kerja       50%
•    Laporan           25%

Henie Suryana, S.Pd                                                       Nuraini
NIP : 197104151997032004                                            NIM : 108016100045

2 Responses to “RPP Mikroskop beserta Rubrik Penilaian”

  1. husnul

    its amazing

  2. Husnul

    🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s