E-COLI SIKAWAN MENJADI LAWAN, bagaimana bisa?

Posted On Mei 24, 2012

Filed under Uncategorized

Comments Dropped 37 responses

Gambar

Mendengar kata bakteri bagi sebagian orang mungkin momok yang menakutkan, karena dapat dianggap sebagai penyebab beberapa penyakit. Memang benar sebagian dari bakteri merupakan patogen, namun banyak pula yang bermanfaat bagi manusia salah satunya produk-produk hasil bioteknologi baik yang tradisional maupun modern.

Beberapa waktu yang lalu kita mendengar berita bahwa sejumlah orang di eropa menjadi korban setelahmengkonsumsi mentimun. Ya “mentimun” tapi bukan mentimun biasa, mentimun ini diindikasikan mengandung bakteri. Ada bakteri di dalamnya, bakteri Escherichia coli  yang sering disingkat E. coli.
E. coli adalah salah satu bakteri komensal di dalam usus manusia, bakteri ini juga menghuni usus hewan. Bakteri ini adalah salah satu anggota dari keluarga (Famili) yang disebut Enterobacteriaceae. Fungsi E coli selain menutup permukaan usus besar agar bakteri lain, khususnya bakteri patogen tidak ada tempat lagi untuk berada di usus, sehingga terus menuju ke luar melalui kotoran; juga E. coli bisa menghasilkan bahan antibiotik, seperti KOLISIN  yang bisa membunuh bakteri patogen yang lain. Selain itu E. coli mencerna makanan sisa yang ada di usus besar. http://kuntaman-fk.web.unair.ac.id
Jadi pada dasarnya bakteri E. coli merupakan bakteri yang tidak berbahaya, bahkan menguntungkan bagi manusia diantaranya dapat membantu manusia menutup permukaan usus besar, menghasilkan antibiotik dan menghasilkan nitrogen yang notaben nya dibutuhkan manusia.
Lalu bagaimana E. coli dapat menjadi “lawan bagi manusia”????
Beberapa strain E. coli dapat menyebabkan sangat serius – dan dalam beberapa kasus yang mengancam jiwa – penyakit. Satu kelompok penting dari bakteri E. coli adalah kelompok Escherichia coli Enterohaemorrhagic (EHEC). Tipe ini menyebabkan diare sering berdarah, disertai dengan kram perut. Orang dewasa yang sehat sebagian besar (tetapi tidak selalu) sembuh sepenuhnya dari penyakit E. coli dalam waktu seminggu. http://www.who.int /foodsafety/foodborne_disease/ecoli.pdf
Bakteri E. coli menghasilkan toksin yang dapat menyebabkan kerusakan pada merah sel darah, ginjal dan organ lainnya. Dalam sepuluh persen dari anak-anak, infeksi E. coli menyebabkan Sindrom hemolitik uremic (HUS), yang merupakan salah satu penyebab utama gagal ginjal akut pada anak. HUS dapat menyebabkan kematian pada anak-anak muda, orang tua dan mereka dengan masalah kekebalan tubuh.

Lalu bagaimana agar kita tidak terinfeksi E. coli ??
1. Jika tidak yakin dari sumber air, SELALU mendidih selama 5 menit – ini akan menghancurkan bakteri, virus dan parasit.
2. Jus buah dan susu yang tidak dipasteurisasi harus dihindari.
3. SELALU mencuci semua buah dan sayuran, termasuk mereka yang Anda mengupas atau memotong, seperti melon, jeruk, mentimun.
4. SELALU mencuci tangan dengan panas dan air sabun setelah menggunakan toilet, mengganti popok, sebelum menyiapkan makanan dan setelah dilihat ke peternakan atau kebun binatang.
5. Ketika membeli daging, pastikan paket tersebut tidak menetes jus. Masukan daging dalam kantong plastik.
6. Freeze atau mendinginkan daging sesegera mungkin setelah pembelian.
7. SELALU cairkan daging dalam microwave, atau semalam di lemari es, tidak pernah pada suhu kamar.
8. Cuci tangan dengan panas, air sabun selama dua puluh detik, sebelum
dan terutama SEGERA setelah memegang daging mentah.
9. Masak hamburger dan daging tanah lainnya secara menyeluruh. Menggunakan suatu saat membaca termometer digital, memasak untuk internal suhu 71 º C (160 º F).
10. Pisahkan daging / unggas / makanan laut secara terpisah di bawah lemari es. Gunakan terpisah talenan untuk daging mentah / unggas / makanan laut.
11. Tempat dicuci produk ke dalam wadah bersih, tidak kembali ke asli kemasan.
12. Mencuci dan kemudian membersihkan dengan pemutih dilusian solusi (1 tsp/5ml pemutih: 3 cups/750 mL air), semua peralatan dan memotong permukaan yang digunakan dalam penanganan daging mentah.
13. Perubahan spons, celemek dan handuk sering-mesin cuci dalam air panas dan deterjen.
http://www.kidney.ca/document.doc?id=562

Referensi :
http://www.kidney.ca/document.doc?id=562
http://kuntaman-fk.web.unair.ac.id
http://www.who.int /foodsafety/foodborne_disease/ecoli.pdf
http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2011/09/pustaka_unpad_Escherichia-coli.pdf

37 Responses to “E-COLI SIKAWAN MENJADI LAWAN, bagaimana bisa?”

  1. izkar19annyeonghaseyo

    E.coli yang tadinya teman bisa jadi lawan yya… tapi bukankah kita sendiri yang menjadikan E.coli menjadi lawan. E.Coli merupakan bakteri yang umum ditemukan di usus manusia.. bakteri ini sangat umum ditemukan di feses manusia.. Nah di Indonesia orang seringkali membuang limbah/ BAB di sungai atau kali… dan lebih mantapnya lagi kali dan sungai tersebut menjadi salah satu sumber air yang memenuhi kebutuhan warga baik untuk minum, mandi, ataupun mencuci…http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/06/14/bakteri-ecoli-indonesia-lebih-ganas-dari-pada-ecoli-jerman/
    jadi jangan membuang dan mencemari kali/sungai yya…^_^

    • nurainibiob2008

      yap betul, thanks tambahannya, semua memang berawal dari kebersihan diri ^_^

  2. aiyusoemarno

    saya hanya ingin sedikit menambahkan bahwa bakteri e-coli juga memiliki Manfaat
    Bakteri E. Coli yang berada di dalam usus besar manusia berfungi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat, dia juga membantu dalam proses pencernaan termasuk pembusukan sisa-sisa makanan dalam usus besar. Fungsi utama yang lain dari E. Coli adalah membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah misalkan saat terjadi perdarahan seperti pada luka/mimisan vitamin K bisa membantu menghentikannya.

    Bahaya
    Dalam jumlah yang berlebihan bakteri E. Coli dapat mengakibatkan diare, dan bila bakteri ini menjalar ke sistem/organ tubuh yang lain dapat menginfeksi. Seperti pada saluran kencing, jika bakteri E. Coli sampai masuk ke saluran kencing dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih/kencing [ISK], umumnya terjadi pada perilaku sek yang salah [anal sek] juga resiko tinggi bagi wanita karena posisi anus dan saluran kencingnya cukup dekat sehingga kemungkinan bakteri menyebrang cukup besar tepatnya ketika membersihkan anus setelah BAB [Buang Air Besar] untuk itu arahkan air juga tangan ke arah belakang saat membersihkan anus jangan ke depan agar tidak mengkontaminasi saluran kencing.

    Sumber: http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1w9PO7xId

  3. anamarutti

    artikelnya bagus bangat ka🙂 jadi musti hati2 yya kita apalagi ana suka beli jus di kampus.. sedikit menambahkan yya kaka orang yang keracunan bakteri e-coli menunjukan tanda-tanda enterotoksik, yakni nyeri abdomen, diare berat disertai dehidrasi, kelesuan, kadang-kadang mual dan muntah, serta demam dan menunjukkan tanda-tanda infasif seperti demam, kejang abdomen, serta feses berlendir dan berdarah.
    http://www.radarlampung.co.id/read/bandarlampung/metropolis/41283-awas-bahaya-e-coli

  4. Dian Ratna Sari

    terima kasih informasinya,,,
    mendapat pengetahuan baruuu🙂

  5. aidafitriyah

    Nice artikel ukhti ^_^
    Satu peringatan bagi kita, bakteri yang memiliki sifat menguntungkan bagi manusia ternyata memiliki sifat yang patogen bagi tubuh.
    Sedikit tambahan, Escherichia coli tumbuh pada suhu antara 10 – 40 °C, dengan suhu optimum 37°C dan mati pada suhu 60 °C selama 30 menit, tidak bisa bertahan pada tempat yang kering dan kena pembasmi hama. Escherichia coli relatif peka terhadap panas, segera hancur oleh suhu pasteurisasi dan pemanasan. Sedangkan proses pembekuan tidak akan membinasakan bakteri, sehingga bakteri dapat hidup dalam suhu yang rendah dalam jangka waktu relative panjang (Volk, 1984).
    http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26976/4/Chapter%20II.pdf

  6. bayuafr

    Ngomongin soal jus, mau nambahin ni.
    Berdasarkan penelitian Rajagukguk (2008) diketahui bahwa kandungan E. coli dalam dalam es batu di suatu pasar di Kota Medan tidak memenuhi persyaratan kualitas bakteriologis air minum. Sebab dari 10 sampel yang diuji, hanya satu sampel yang tidak mengandung E. coli dalam es batu. Dari penelitian lain, pada minuman jagung mendapatkan 3 sampel (30%) tidak memenuhi syarat kesehatan karena mengandung E. coli.
    sumber : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/30038/5/Chapter%20I.pdf

  7. Iyus Abdusyakir

    artikelnya bagus ka. E.coli memang dalam tubuh kita ada manfaatnya, terutama dalam saluran pencernaan kita. namun, ternyata ketika dalam keadaan yang berlebih, akan menjadi patogen, menurut Dr. Clark E.coli dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan, gangguan ginjal, serangan jantung dan stroke serta tekanan darah tinggi. berikut artikel selengkapnya. http://massaidi.blogspot.com/2011/06/bahaya-bakteri-e-coli-untuk-kesehatan.html

  8. novutripertiwi

    artikel yang menarik..
    memang bakteri E coli sebenarnya adalah bakteri yang bermanfaat untuk tubuh kita, terutama dalam pembusukan sisa makanan pada usus besar, tetapi jika konsentrasinya melebihi ambang batas kemampuan tubuh untuk menampungnya maka bakteri tersebut akan menjadi racun untuk tubuh kita.
    Dalam jumlah yang berlebihan bakteri E. Coli dapat mengakibatkan diare, dan bila bakteri ini menjalar ke sistem/organ tubuh yang lain dapat menginfeksi. Seperti pada saluran kencing, jika bakteri E. Coli sampai masuk ke saluran kencing dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih/kencing [ISK], umumnya terjadi pada perilaku sek yang salah [anal sek] juga resiko tinggi bagi wanita karena posisi anus dan saluran kencingnya cukup dekat sehingga kemungkinan bakteri menyebrang cukup besar tepatnya ketika membersihkan anus setelah BAB [Buang Air Besar] untuk itu arahkan air juga tangan ke arah belakang saat membersihkan anus jangan ke depan agar tidak mengkontaminasi saluran kencing.

    Sumber: http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1wGHrWvXd

    • riimeyy

      jumlah ambang batas normal E.coli didalam usus manusia itu sendiri brp? dan mohon minta referensi yang bisa dipertanggung jawabkan, trims..

  9. latifa180692

    tidak ada musuh dan kawan yg abadi tetapi yg ada hanyalah kepentingan semata (itulah politik), sepertinya dunia mikroba pun juga seperti itu yah.. bagus kak artikelnyaa… jd kita dituntun untuk selalu menjaga kebersihan yaah agar E.Coli ttp menjadi sahabat untuk kita🙂

  10. syafafauziah

    ya bener bnget, E.coli ntu istilah kata dh sebagai lawan n teman wat qta.
    heheh🙂

  11. Annisa Febrianti

    an mau tanya , pada artikel diatas disebutkan bahwa “SELALU mencuci semua buah dan sayuran” nah bagaimna cara mencuci sayuran dan buah yang baik agar terhindar dari bakteri tersebut ?

    • nurainibiob2008

      Cuci tangan

      Makanan hanya dapat dibersihkan dengan tangan yang juga bersih. Bersihkan tangan bukan dengan air saja, tetapi gunakan sabun selama sekira 20 detik.

      Buang bagian yang rusak

      Sebelum mengolah makanan, perhatikan seluruh bagian buah dan sayuran yang akan dikonsumsi. Singkirkan bagian-bagian yang rusak saat Anda menemukannya.

      Gosok dengan lembut

      Dalam membersihkan buah dan sayuran, Anda mungkin tidak menyadari bila setiap milidetik air yang mengucur sangat berarti. Gunakan tangan untuk menggosok bagian yang kotor, gosoklah secara perlahan dan lembut sehingga tidak menyisakan kotoran sedikit pun.

      Cuci sebelum dikupas

      Dengan melakukan tahapan ini, kotoran maupun bakteri tidak bisa berpindah dari pisau ke buah dan sayuran saat melakukan pemotongan.

      Gunakan sikat

      Agar lebih bersih, gunakan sikat khusus buah dan sayuran untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

      Keringkan dengan kain bersih

      Setelah dicuci, keringkan atau tiriskan buah dan sayuran. Gunakan handuk kertas maupun lap bersih, sekaligus membantu mengurangi bakteri yang masih menempel setelah dicuci.

      Buang bagian luar sayuran

      Bakteri cenderung mudah berkembang pada sayuran berdaun yang tumbuh dekat tanah. Solusinya, buang daun di bagian luar, yang letaknya paling dekat dengan tanah.

      http://www.okefood.com/read/2012/04/12/304/610214/langkah-langkah-tepat-cuci-buah-sayuran

  12. amuysaepudinmoch

    hmmmmmm…artikelnya bagus juga nih ka!! buat tambahan pengetahuan nih!!
    saya setuju banget nih dengan pendapat kaka yang mengatakan bahwa Fungsi E coli selain menutup permukaan usus besar agar bakteri lain, khususnya bakteri patogen tidak ada tempat lagi untuk berada di usus, sehingga terus menuju ke luar melalui kotoran;

    tetapi seabagi tambahhan za nih bahwa bakteri E. coli juga memilki bhaya dan manfaat!!

    Manfaat
    Bakteri E. Coli yang berada di dalam usus besar manusia berfungi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat, dia juga membantu dalam proses pencernaan termasuk pembusukan sisa-sisa makanan dalam usus besar. Fungsi utama yang lain dari E. Coli adalah membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah misalkan saat terjadi perdarahan seperti pada luka/mimisan vitamin K bisa membantu menghentikannya.

    Bahaya
    Dalam jumlah yang berlebihan bakteri E. Coli dapat mengakibatkan diare, dan bila bakteri ini menjalar ke sistem/organ tubuh yang lain dapat menginfeksi. Seperti pada saluran kencing, jika bakteri E. Coli sampai masuk ke saluran kencing dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih/kencing [ISK], umumnya terjadi pada perilaku sek yang salah [anal sek] juga resiko tinggi bagi wanita karena posisi anus dan saluran kencingnya cukup dekat sehingga kemungkinan bakteri menyebrang cukup besar tepatnya ketika membersihkan anus setelah BAB [Buang Air Besar] untuk itu arahkan air juga tangan ke arah belakang saat membersihkan anus jangan ke depan agar tidak mengkontaminasi saluran kencing.

    intinya d samping manfaat ada mudhorotnya juga!! hanya allah yang tau d balik semua ini!!

    Sumber: http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1wGpUUNYp

  13. dityaambar

    Yap! Seperti halnya dua sisi mata uang yang berbeda, bakteri E.coli sangat bermanfaat bagi manusia namun bisa juga merugikan kita. Menambahkan yaa.. mencuci buah dan sayuran yang baik dan benar tidak hanya menggunakan air saja namun bisa menggunakan sabun khusus yang bisa dibeli di pasaran, atau merendam buah dan sayur dengan air matang yang dingin. Seperti yang ada di http://www.inicaraku.com/cara-mencuci-buah-dan-sayur-yang-benar.html

  14. Alvian Yadi

    It is widely known for causing outbreaks of infectious diarrhoea and is currently held responsible for a number of deaths – but some scientists say E. coli has given us the answer to life itself.

    check this videos if u curious

  15. Musliyadi

    Artikel’a menarik dan inovatif ka..
    Bakteri E coli adalah bakteri yang bermanfaat untuk tubuh kita, terutama dalam pembusukan sisa makanan pada usus besar, tetapi kalau konsentrasinya melebihi ambang batas kemampuan tubuh untuk menampungnya maka bakteri tersebut akan menjadi racun untuk tubuh kita. jadi Bakteri E coli bisa jadi teman jg bisa jadi lawan bagi tubuh kita!hhe
    http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1wGHrWvXd

  16. Husnul Khotimah

    Menarik kak artikelnya, Escherichia coli (E. coli) adalah bakteri yang hidup di dalam usus manusia. Keberadaannya di luar tubuh manusia menjadi indikator sanitasi makanan dan minuman, apakah pernah tercemar oleh kotoran manusia atau tidak. Adanya E. coli dalam air atau makanan juga dianggap memiliki korelasi tinggi dengan ditemukannya bibit penyakit (patogen) pada pangan.

    Ada beberapa jenis E. coli yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

    1. E. coli Enteropatogenik

    Tidak membahayakan pada sebagian orang dewasa tetapi sering kali menyebabkan diare pada bayi. Mungkin ditularkan melalui air yang digunakan untuk mencuci botol. Karenanya, botol susu bayi sebaiknya direbus setelah dicuci untuk mencegah diare.

    2. E. coli Enteroinvasif

    Cukup membahayakan karena dapat menyebabkan penyakit disentri. Biasanya ditandai dengan tinja yang mengandung darah.

    3. E. coli Enterotoksigenik

    Banyak menyebabkan diare pada para pelancong (travelers diarrhea). Bakteri ini tidak terlalu membahayakan.

    4. E. coli Enterohemoragik

    Bakteri yang sangat berbahaya. Dalam penelitian Dewayanti-Hariyadi-et.al, 2001, dinyatakan bakteri ini hidup dalam daging giling mentah. Peneliti lain juga menemukannya pada air limbah rumah potong ayam.
    http://www.beritaunik.net/unik-aneh/perbedaan-es-batu-air-mentah-dan-air-matang.html

  17. faiza el jannati

    tambahan aja ka. bahwa e.coli juga salah satu penyebab diare pada kolam renang.. sumber : http://www.djamilah-najmuddin.com/infeksi-penyakit-dari-kolam-renang

  18. ellanurlelasari

    Setuju deh dengan artikel ini, E.coli punya nilai plus dan minus. di usus besar, disitu dihuni secara penuh oleh berbagai bakteri, khususnya E. coli. Fungsi E.coli selain menutup permukaan usus besar agar bakteri lain, khususnya bakteri patogen tidak ada tempat lagi untuk berada di usus, sehingga terus menuju ke luar melalui kotoran; juga E. coli bisa menghasilkan bahan antibiotik, seperti KOLISIN yang bisa membunuh bakteri patogen yang lain. Ada lagi yang diperankan oleh E. coli, yakni bersama bakteri lain, mencerna makanan sisa yang ada di usus besar, sehingga oleh E. coli tersebut dihasilkan berbagai produk untuk ‘dirinya’, seperti asam amino, yang itu sebenarnya juga adalah kebutuhan manusia juga. Produk lain adalah beberapa ‘bahan gas yang sering tidak disukai oleh manusia’. Jadi manusia mendapat manfaat juga darinya.
    Sumber: http://kuntaman-fk.web.unair.ac.id/artikel_detail-35909-Umum-Escherichia%20coli,%20sahabat%20manusia,%20penyelamat%20dunia,%20yang%20%E2%80%98disiasiakan%E2%80%99.%20%20E%20coli%20sedang%20marah.html

  19. tiolutfisahlan

    Assalamu’alaykum… kak artikelnya bagus, tapi menurut saya masih ada yg perlu ditanyakan. di dalam usus kita mememiliki fungsi yg baik bakteri trsebut ttpi knpa ketika diluar malah bakteri tersebut menjadi berbahaya,,,?
    apakah lingkungan mempengaruhi fungsi dari bakteri itu…?
    maksh ^_^

  20. annisa52

    E coli menjadi penanda atau indikator air yang bersih. menurut saya, lebih baik jaga kesehatan dan makanlah sayuran yang dicuci dengan air bersih yang mengalir. lalu direbus sebentar agar bakteri dapat mati.

  21. tutikhoiriah

    Setuju dengan artikelnya, bakteri E. coli ini memang mempunyai kegunaan dan kerugian bagi manusia. E. coli dapat menguntungkan karena pada dasarnya E. coli merupakan bakteri yang terdapat pada usus besar manusia yang berguna dalam membantu proses pencernaan. Namun, bakteri E. coli ini juga dapat merugikan manusia, karena E. coli bersifat patogen sehingga dapat menyebabkan penyakit.http://harianjoglosemar.com/berita/mengenal-lebih-dekat-bakteri-e-coli-55217.html

  22. wildatiauli

    Menurut saya E. Coli itu mempunyai dua dampak yaitu positif dan negatif. E. coli dikatakan aman apabila jumlah dalam tubuh kita dalam keadaan normal sehingga bisa menjadi sahabat yang baik untuk tubuh kita dan menjadi musuh apabila jumlah E. coli berlebihan melebihi ambang batas dari jumlah yang dibutuhkan tubuh kita. Sumber:http://www.anneahira.com/bakteri-menguntungkan.htm

  23. qumillaila

    iya benar artikelnya menarik banget.
    E. coli itu juga bermanfaat untuk memperpanjang usia septictank (http://agensamarinda.blogspot.com/2012/01/penguras-wc-bioko-tanpa-sedot.html). tapi kalau terlalu banyak E. coli di tubuh bisa menyebabkan diare

  24. ninismt

    setuju banget sma artikelnyaa..
    memang pada dsarnya e.coli tidak berbahaya, tetapi ada pula jenis e.coli yang dapat menimbulkan penyakit.. hmm waspadalah..
    http://id.wikipedia.org/wiki/Escherichia_coli

  25. rahmitaeljannati

    Iya, kak…bakteri ini merupakan bakteri yang meranahi setiap banda, baik di handphone, air kolam renag, air minum, dan sebagainya. Di Eropa saja, bakteri E coli lah yang membuat sakit lebih dari 1.600 orang di Jerman dan membunuh 18 orang.
    Wabah E coli yang terjadi di Eropa ini merupakan kejadian terbesar ketiga dan paling menyebabkan korban jiwa. Sebelumnya dua orang dilaporkan meninggal pada wabah di Jepang tahun 1996 dan membuat sakit 9.000 orang. Sementara itu, pada tahun 2000 di Kanada dilaporkan 7 orang meninggal karena wabah E coli.

    lihat, betapa banyak manusia menderita karena ulah bakteri ini. dan seperti isi artikel kakak, mari kita biasakan hidup sehat mulai dari sekarang, seperti rajin mencuci tangan dan berhati-hati memilih makanan, apalagi makanan yang dijual terbuka. makasih artikelnya…:)
    http://www.smallcrab.com/kesehatan/943-bakteri-e-coli-baru-lebih-mematikan

  26. meutiasanti

    Sip ka, E.coli banyak sekali kita jumpai..tp ternyata E.coli ini bida menjadi lawan dan kawan kita…berdasarkan sumber yang saya dapatkan manfaat dan bahaya pada E.coli yaitu.
    Manfaat
    Bakteri E. Coli yang berada di dalam usus besar manusia berfungi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat, dia juga membantu dalam proses pencernaan termasuk pembusukan sisa-sisa makanan dalam usus besar. Fungsi utama yang lain dari E. Coli adalah membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah misalkan saat terjadi perdarahan seperti pada luka/mimisan vitamin K bisa membantu menghentikannya.

    Bahaya
    Dalam jumlah yang berlebihan bakteri E. Coli dapat mengakibatkan diare, dan bila bakteri ini menjalar ke sistem/organ tubuh yang lain dapat menginfeksi. Seperti pada saluran kencing, jika bakteri E. Coli sampai masuk ke saluran kencing dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih/kencing [ISK], umumnya terjadi pada perilaku sek yang salah [anal sek] juga resiko tinggi bagi wanita karena posisi anus dan saluran kencingnya cukup dekat sehingga kemungkinan bakteri menyebrang cukup besar tepatnya ketika membersihkan anus setelah BAB [Buang Air Besar] untuk itu arahkan air juga tangan ke arah belakang saat membersihkan anus jangan ke depan agar tidak mengkontaminasi saluran kencing.

    Sumber: http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1wJtHp742

  27. maryamnurfadilah

    dalam jumlah tertentu e-coli itu memang menjadi teman,jika didalam usus kita terlalu banyak e-coli maka akan membahayakan.

    Manfaat

    Bakteri E. Coli yang berada di dalam usus besar manusia berfungi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat, dia juga membantu dalam proses pencernaan termasuk pembusukan sisa-sisa makanan dalam usus besar. Fungsi utama yang lain dari E. Coli adalah membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah misalkan saat terjadi perdarahan seperti pada luka/mimisan vitamin K bisa membantu menghentikannya.

    Bahaya

    Dalam jumlah yang berlebihan bakteri E. Coli dapat mengakibatkan diare, dan bila bakteri ini menjalar ke sistem/organ tubuh yang lain dapat menginfeksi. Seperti pada saluran kencing, jika bakteri E. Coli sampai masuk ke saluran kencing dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih/kencing [ISK], umumnya terjadi pada wanita karena posisi anus dan saluran kencingnya cukup dekat sehingga kemungkinan bakteri menyerang cukup besar.

    http://kriyamedia.wordpress.com/2011/06/11/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli/

  28. Rista Gustina

    terkait dengan polemik E. Coli itu lebih bersahabat (kawan) ato berbahaya (lawan) bagi kita, kita tidak bisa memungkiri di dalam tubuh kita banyak sekali bakteri seperti Bakteri E. Coli yang berada di dalam usus besar manusia berfungi untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat, dia juga membantu dalam proses pencernaan termasuk pembusukan sisa-sisa makanan dalam usus besar. Fungsi utama yang lain dari E. Coli adalah membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah misalkan saat terjadi perdarahan seperti pada luka/mimisan vitamin K bisa membantu menghentikannya.
    Bakteri ini bisa berbahaya jika jumlah bakteri ini melebihi batas normal (berlebihan), namun masalah ini dapat diatasi salah satunya dengan memasak makanan dengan matang dan jaga kebersihan untuk menghindari dampak buruk dari Escherichia Coli.

    Sumber: http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1wK80aBct

    Sumber: http://www.emingko.com/2011/06/manfaat-dan-bahaya-bakteri-e-coli.html#ixzz1wK7oOPOb

  29. irmarikha

    E.coli flora normalnya memang di usus, tapi bila berlebihan bisa menyebabkan diare. jika jumlah bakteri Ecoli itu berlebihan, dia akan menyerang usus dengan mengeluarkan sejumlah toksin atau racun. selengkapnya lihat di link ini http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/404076/

  30. eMingko Blog

    topiknya menarik ni…. dalam jumlah tertentu bakteri e coli memang sangat berbahaya sehingga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat itu penting.

  31. riimeyy

    Saya mau tanya dikatakan bahwa dalam jumlah tertentu bakteri e coli memang sangat berbahaya, nah apakah ada ambang batas dari E.coli normal ini sehingga bateri menjadi patogen?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s